Wanita identik dengan bunga, Rasulullah pun memberikan nama putrinya Fatimah Azzahra yang berarti bunga. Dalam klasifikasi makhluk hidup, bunga berada pada kingdom plantae sementara manusia (wanita-red) berada pada kingdom animal (hewan-red). 

Wanita memegang peran yang amat penting dalam keberlangsungan siklus kehidupan. Baik sebagai topang kemajuan zaman maupun fungsi reproduksi yang harus berkualitas agar mampu menghadirkan generasi unggul.

Selain itu, wanita akan jauh dari penyakit saat lebih banyak berinteraksi dengan bunga dibanding dengan hewan, karena hewan dan manusia satu kingdom dan memiliki banyak kesamaan genetik maka tidak sedikit penyakit yang dapat ditularkan oleh hewan ke manusia.

Berbeda dengan bunga, bakteri dan virus yang yang hidup berinangkan (menumpang hidup-red) pada tumbuhan maka tidak akan mampu hidup dalam tubuh manusia, sehingga bisa dipastikan tidak ada penyakit yang dapat ditularkan ketika berinteraksi dengan bunga. Bahkan akan turut memperlancar metabolisme tubuh.

Kita semua tahu jika berinteraksi dengan tumbuhan maka akan mendapat pasokan oksigen dari tumbuhan karena sifatnya yang menyerap karbondioksida (racun-red) dan mengeluarkan oksigen dalam metabolismenya.

Sebagian bunga menebarkan bau harum dimana saat ini menjadi trend dalam menenangkan jiwa pada metode aroma terapi. Secara psikologi, mencium harum bunga dapat membantu menenangkan jiwa. Bunga juga indah untuk dipandang saat menikmati alam raya ini.

Dalam merawat bunga, wanita pun bisa memetik banyak hikmah, diantaranya adalah pelajaran disiplin. Perawat bunga harus mampu mendisiplinkan dirinya untuk memasok kebutuhan hidup bunga, seperti pupuk dan air. Dengan ketidakmampuan bunga berkata dan menangis, ini juga mengajarkan wanita untuk lebih sensitif dan pengertian, karena bunga tidak akan pernah minta diberi pupuk ataupun pestisida.

Merawat bunga pun mengajarkan kesabaran dan keterampilan. Bentuk bunga dapat menjadi lebih indah di tangan-tangan trampil dan cerdas. Pertumbuhan bungapun akan menjadi lebih baik di tangan orang-orang yang sabar.

Dalam ilmu biologi dikenal beberapa bantuan bunga untuk melakukan penyerbukan seperti dengan bantuan angin, hewan, termasuk juga manusia. Ini mengajarkan kita untuk selalu bekerjasama jika menginginkan kesuksesan.

Bunga merupakan alat reproduksi bagi tumbuhan dikotil. Dengan demikian, menjaga kesehatan bunga sama artinya turut dalam pelestarian lingkungan.